PKKMB DAY 1 GENERASI EMAS INDONESIA YANG MEMILIKI MENTAL DAN KARAKTER UNGGUL

             




               Indonesia sebagai bangsa pelopor perajut solidaritas. Kebesaran suatu bangsa tidak dapat ditentukan dari seberapa banyak bangsa dan warganya namun bisa kita lihat dari mental dan karakternya. Kekuatan secara teknis pun dapat dikalahkan jika kita mempunyai mental dan karakter yang unggul. 

ada 3 jenis yang di miliki manusia unggul yaitu pertama, unggul dalam pengetahuan baik pengetahuan akademik maupun yang lain. Kedua unggul dalam keterampilan. Dalam keterampilan sendiri tidak hanya mengembangkan pada hard skill namun juga bisa kita kembangkan dalam soft skill dan life skill. Yang terakhir yaitu unggul dalam karakter. Karakter juga memiliki 2 jenis, diantaranya ; personal dan kolektif. Namun untuk menjadi pribadi yang baik di dukung juga oleh lingkungan sosial yang bermutu. 

               Indonesia emas mandiri dan bersatu dalam nilai gotong royong. Bagaimana kita bisa menjadi generasi emas? ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu :

1. Ubah mindset. 

Awali dengan pemikiran kita sendiri dengan berpikir baik untuk menjamin masa depan kita. Contoh siap masa depan, percaya diri, mandiri.

2. Tingkatkan skillset

. Hal kecil seperti skill komunikasi harus kita tingkatkan dengan cara melatih pembicaraan kita saat berbicara di depan banyak orang ataupun ikut organisasi tertentu. Selanjutnya, Critical skill yang dimaksud dengan kritik. Akan tetapi pada masa sekarang kurangnya bertanya sehingga kita sulit untuk berpikit kritis. jika kita melatih otak kita untuk bertanya maka kita akan bisa berpikir secara kritis. Terakhir yaitu digital skill. Di era sekarang ini semua serba digital, maka dari seiring perkembangan digital kita harus bisa mempelajarinya.

3. Siapkan toolset. 

Bagaimana kita bisa lulus dengan mempunyai pengalaman? dengan cara mencari partime job, magang sesuai bidang ilmu, menjadi freelancer. Dengan kita mengembangkan pengalaman kita di berbagai cara, maka itu bisa memudahkan kita juga untuk mendapat pekerjaan. Tidak hanya itu saja, kita harus mempunyai kompetensi di bidang tertentu dan mempunyai personal branding yang bisa kita ciptakan untuk membangun dan menjaga persepsi di mata masyarakat agar tercipta sebagai personal yang positif.

                 Beberapa hasil penjelasan diatas yaitu Generasi emas yang diinginkan adalah generasi yang mempunyai value yang tinggi. seseorang yang mempunyai karakter dan mental yang unggul mereka lah yang akan di cari oleh banyak orang.


Fakultas kedokteran 

- Facebook : https://www.facebook.com/unusaofficialfb

- Instagram : https://www.instagram.com/unusa_official/

- Youtube : https://www.youtube.com/@unusa_official

- Twitter ( X ) : https://x.com/unusa_official?lang=en

- Tiktok : https://www.tiktok.com/@unusa_official

 kunjungi juga blog teman saya alexa



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Para Remaja Harus Punya 4 Kunci Ini Dalam Membangun Ketangguhan Mental

PKKMB DAY 2